Daftar Nama Pemain Timnas Republik Irlandia di Piala Eropa 2012

Posted by Viva Bola on Senin, 14 Mei 2012

Prediksi Bola

EURO 2012,- Kejutan terjadi ketika pelatih tim nasional Republik Irlandia, Giovanni Trapattoni mengumumkan 23 pemain yang masuk skuad untuk dipersiapkan di Piala Eropa 2012 Polandia-Ukraina. Saat tim-tim lain masih harus memeras sejumlah nama, maka Trapattoni sudah memutuskan 23 nama.

Trapattoni memasukkan pemain sayap James McClean. Pemain berusia 23 tahun itu dianggap bersinar bersama Sunderland di Liga Primer Inggris. McClean juga sempat mendapatkan tepuk tangan ketika melakukan debut bersama Irlandia ketika berjumpa Republik Ceko pada Februari 2012 lalu.

"Dia masih muda, secara fisik kuat, dan dia akan berkembang. Saya pikir dia bisa memberikan kami energi," kata Trapattoni kepada Reuters.

Sementara asisten manajer Marco Tardelli memuji McClean bisa seperti legenda Italia, Paolo Rossi. Kebetulan Tardelli dan Rossi adalah rekan setim di timnas Italia pada era 1980-an.

Tardelli membandingkan McClean dengan pemain bintang asal Juventus itu ketika membawa Italia menjadi juara Piala Dunia 1982 Spanyol. Ketika itu, Rossi masih pemain baru, tetapi langsung memberikan pengaruh besar kepada Italia. Namun McClean harus bersaing dengan sejumlah pemain yang menjadi pilihan utama seperti Damien Duff dan Aiden McGeady.

Jika McClean masuk, maka James McCarthy (Wigan Athletic) memutuskan untuk mundur dari proses seleksi. Ayahnya menderita kanker. McCarthy lebih memilih untuk mendampingi ayahnya ketimbang berlaga di Polandia-Ukraina.

Trapattoni masih akan mengandalkan trio pemain senior yaitu kapten Robbie Keane, penjaga gawang Shay Given, dan bek Richard Dunne. Para pemain ini termasuk Damien Duff ikut tampil di Piala Dunia 2002 Korea Selatan Jepang. Turnamen terakhir yang berhasil diikuti oleh Irlandia. Baru pada Euro 2012 ini, Irlandia ini berhasil berlaga di turnamen berkelas.

Republik Irlandia bergabung di Grup C. Apesnya tergabung bersama juara bertahan Spanyol, tim kandidat kuat Italia, dan Kroasia. "Kami berharap bisa menyamai perilaku dan penampilan yang bisa membawa kami ke turnamen ini," ujar Trapattoni.

Berikut Daftar Nama Pemain Rep. Irlandia dalam Piala Eropa 2012 :

Kiper : Shay Given (Aston Villa), Keiren Westwood (Sunderland), David Forde (Millwall).

Belakang : John O‘Shea (Sunderland), Richard Dunne (Aston Villa), Sean St Ledger (Leicester City), Stephen Ward (Wolverhampton Wanderers), Kevin Foley (Wolverhampton Wanderers), Stephen Kelly (Fulham), Darren O‘Dea (Celtic).

Tengah : Keith Andrews (West Bromwich Albion), Glenn Whelan (Stoke City), Darron Gibson (Everton), Damien Duff (Fulham), Aiden McGeady (Spartak Moscow), Stephen Hunt (Wolverhampton Wanderers), Keith Fahey (Birmingham City), James McClean (Sunderland).

Depan : Robbie Keane (Los Angeles Galaxy), Kevin Doyle (Wolverhampton Wanderers), Simon Cox (West Bromwich Albion), Jonathan Walters (Stoke City), Shane Long (West Bromwich Albion).


Baca Berita Lainnya :