Menanti El Clasico Jilid 1 2011-2012 : Madrid vs Barca

Posted by Viva Bola on Kamis, 11 Agustus 2011

Menanti El Clasico Jilid 1 2011-2012 : Madrid vs Barca
VIVA - BOLA,-  Persaingan sengit Real Madrid dan Barcelona akan kembali dimulai. Sebelum La Liga Spanyol musim 2011/2012 memainkan jornada pertamanya, mereka sudah harus baku bunuh di Super Copa Spanyol, 14 Agustus mendatang di Santiago Bernabeu dan tiga hari berikutnya 17 Agustus di Nou Camp.

Kedua tim telah lama mempersiapkan diri menghadapi kompetisi domestik dan Eropa yang tentunya akan jauh lebih sengit dibanding musim lalu. Tanpa mengecilkan kekuatan Valencia, Villarreal, Atletico Madrid, Athletic Bilbao dan Malaga, La Liga sepertinya masih akan menjadi milik El Real dan El Barca.

Mudahnya, kekuatan kedua tim bisa dilihat dari hasil tur pramusim di Amerika Serikat. Tim besutan Jose Mourinho menyapu bersih enam laga uji coba dan menggelontorkan 21 gol. Mereka begitu lapar dan menunjukkan dominasinya di setiap laga. Cristiano Ronaldo dkk pastinya ingin segera menghentikan dominasi musuh bebuyutannya di La Liga selama tiga musim berturut-turut.

Ini jelas modal berharga bagi Mourinho yang akan mengarungi musim keduanya bersama Los Blancos. Pria asal Portugal ini selalu berhasil mempersembahkan trofi Liga domestik pada kesempatan keduanya. Ini adalah kesempatan untuk memilah-milah pemain baru dan wajah lama yang kerap memanasi bangku cadangan. Mantan pelatih Chelsea dan Inter Milan itu kerap merotasi skuadnya untuk menjaga kebugaran pemain.

Selain masih memburu penyerang andal, Real telah memboyong Nuri Sahin, Hamit Altintop, Raphael Varane, Jose Callejon, dan Fabio Coentrao. Tiga nama terakhir cukup banyak mendapat kesempatan di laga pramusim. Tapi, The Special One tentu bukan pelatih kacangan. Laga pramusim Barca jelas tidak bisa menjadi tolok ukur kekuatan Blaugrana. Mereka tak diperkuat Xavi dan Carles Puyol yang cedera, serta Lionel Messi yang tengah berlibur.

Mou tentu berharap rekrutan anyar Barca, yakni Alexis Sanchez belum nyetel dengan rekan-rekannya. Penyerang asal Chile itu belum sekalipun dimainkan di laga pramusim setelah tampil impresif di Copa America 2011.

Menarik disimak, apakah wajah-wajah baru di Santiago Bernabeu bisa menjadi pembeda dan menghentikan laju Barcelona. Jutaan pecinta bola dunia sudah harus menarik nafas. Mereka begitu menantikan sajian strategi, kecepatan, kejeniusan, serta kekuatan mental kedua tim di lapangan. Panas itu sudah pasti.

Sebaliknya, pasukan Pep Guardiola meraih hasil yang kurang memuaskan. Mereka hanya menang sekali dan dua kali kalah pada lima laga pemanasan. Usai kalah 1-2 dari Manchester United, Thiago Alcantara dkk dipermalukan Chivas Guadalajara 4-1.

"Kami masih punya banyak PR. Tapi, kami sudah akan siap pada laga Super Copa," sahut Guardiola.

Lionel Messi dan Alexis Sanchez telah kembali berlatih bersama Barcelona. Libur usai Copa America 2011 telah selesai. Keduanya kini tengah bersiap-siap menghadapi laga superpanas melawan Real Madrid.

Saat ini publik dunia tengah menantikan kolaborasi keduanya di Nou Camp. Pelatih Chile Claudio Borghi yakin Sanchez bisa beradaptasi dengan cepat di bawah asuhan Pep Guardiola. Keduanya juga sama-sama mengidolakan permainan menyerang lewat umpan-umpan pendek cepat nan memikat.

Sanchez kemungkinan besar akan melakoni debutnya bersama Blaugrana pada leg pertama Piala Super Spanyol di Santiago Bernabeu. Ia bisa diplot sebagai penyerang tengah bersama Messi maupun sayap. Kehadirannya menambah kental nuansa Amerika Latin di skuad juara bertahan La Liga dan Liga Champions itu.

TAG : | | | |